Periode Break-in dalam Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Periode Break-in dalam Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki mobil tanpa polis asuransi dapat berisiko secara finansial, terutama jika Anda terlibat dalam kecelakaan dengan pihak ketiga atau kendaraan Anda mengalami kerugian karena kecelakaan seperti banjir atau bencana alam semacam itu.

Karena itu, Anda mungkin lupa memperbarui asuransi tepat waktu karena keadaan yang tidak dapat dihindari. Saat polis menjadi tidak aktif, Anda masih memiliki periode tertentu yang dikenal sebagai periode pembobolan atau pembobolan asuransi mobil untuk menghidupkan kembali status polis Anda. Baca terus untuk mengetahui tentang periode break-in dalam asuransi mobil dan bagaimana hal itu memengaruhi cakupan dan jumlah premi Anda.

Periode Break-In dalam Asuransi Mobil

Periode break-in dalam asuransi mobil adalah periode antara tanggal kedaluwarsa dan tanggal pembaruan. Misalnya, polis asuransi mobil Anda berakhir pada tanggal 30 Agustus, dan Anda memperbaruinya pada tanggal 11 September. Ada 10 hari antara tanggal kedaluwarsa dan tanggal perpanjangan di mana polis Anda tetap tidak aktif. Kerangka waktu 10 hari itu dikenal sebagai periode break-in.

Mitos Tentang Masa Pembobolan Asuransi Mobil

  • Mitos No. 1: Anda tidak dapat memperbarui polis selama periode pembobolan. Plus, Anda mungkin harus membeli paket baru.

Kenyataan: Anda dapat memperbarui paket selama periode break-in dan melanjutkan dengan paket asuransi yang sama. Meskipun Anda dapat memperbarui paket, Anda akan kehilangan manfaat seperti Bonus Tanpa Klaim (NCB) jika Anda tidak memperbarui polis dalam waktu 90 hari sejak tanggal kedaluwarsa.

  • Mitos No. 2: Anda berhak mengajukan klaim selama periode break-in.

Kenyataan: Polis tetap tidak aktif selama periode pembobolan, dan Anda tidak dapat mengajukan klaim apa pun. Meskipun Anda memiliki waktu 90 hari sejak tanggal kedaluwarsa untuk memperbarui dan melanjutkan polis, Anda tidak memenuhi syarat untuk mengajukan klaim.

  • Mitos No. 3: Anda tidak dapat memanfaatkan diskon Bonus Tanpa Klaim yang Anda terima pada premi perpanjangan karena tidak mengajukan klaim selama periode polis sebelumnya.

Kenyataan: Anda dapat memanfaatkan NCB jika Anda memperbarui paket dalam periode istirahat 90 hari.

  • Mitos No. 4: Pengurangan sukarela berlaku bersama dengan pengurangan wajib.

Kenyataan: Pengurangan adalah jumlah tetap dari biaya perbaikan yang harus Anda bayar dari kantong Anda. Ada dua jenis deductible: wajib dan sukarela. Anda mungkin berasumsi bahwa jika Anda memperbarui paket selama periode break-in, Anda harus melanjutkan dengan pengurangan yang ada (sukarela). Namun, tidak demikian. Hanya pengurangan wajib yang ditentukan yang berlaku dan bukan pengurangan sukarela saat Anda memperbarui polis.

Implikasi tidak Memperbarui Asuransi Mobil Anda Selama Periode Break-In

Break-in period adalah jangka waktu antara tanggal kadaluwarsa dan tanggal perpanjangan asuransi mobil. Anda masih dapat menikmati manfaat seperti Bonus Tanpa Klaim selama 90 hari sejak tanggal kedaluwarsa. Namun, jika Anda tidak memperbarui polis dalam waktu 90 hari, Anda akan kehilangan akumulasi manfaat NCB.

Untuk polis yang telah habis masa berlakunya lebih dari 90 hari, polis dianggap telah ditutup, dan Anda harus membeli polis baru untuk kendaraan Anda. Mobil Anda juga akan memerlukan pemeriksaan sebelum polis diperpanjang. Polis yang diperbarui setelah 90 hari dianggap sebagai polis baru, dan akumulasi NCB akan kedaluwarsa.

Kerugian dari Periode Break-In dalam Asuransi Kendaraan

Periode Breakin Asuransi Mobil

1. Implikasi Hukum

Mengemudikan kendaraan selama periode pembobolan di jalan umum adalah pelanggaran hukum. Adalah wajib untuk mengasuransikan mobil dengan Asuransi Pihak Ketiga sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Kendaraan Bermotor, 1988, untuk mengemudi di jalan-jalan India.

Denda moneter dikenakan pada mereka yang mengemudikan kendaraan roda empat mereka tanpa polis asuransi kendaraan bermotor yang sah. Jika kendaraan terlibat dalam kecelakaan di mana pihak ketiga terluka, Anda mungkin harus menghadapi implikasi hukum. Anda dapat dengan mudah memperbarui asuransi mobil pihak ketiga secara online karena Anda dapat mengasuransikan kendaraan Anda secara instan.

2. Implikasi Keamanan Finansial

Tujuan utama dari asuransi adalah untuk mengamankan diri Anda dari kerugian finansial yang timbul dari kerusakan yang tidak disengaja. Jika mobil Anda rusak selama periode break-in, Anda harus menanggung beban keuangan.

Pastikan Anda memperbarui polis tepat waktu untuk menghindari kerugian finansial yang tidak terduga tersebut. Dengan perusahaan asuransi digital seperti ACKO, Anda dapat memperbarui paket asuransi mobil secara instan melalui platform digital. Anda dapat mengunjungi situs web kami atau mengunduh aplikasi kami untuk memperbarui kebijakan secara instan.

Manfaat memperbarui asuransi mobil tepat waktu

Berikut adalah beberapa manfaat memperbarui asuransi kendaraan roda empat Anda tepat waktu.

Mobil Anda diasuransikan setiap saat: Anda menghindari periode break-in dan kesenjangan dalam cakupan polis dengan menjaga kendaraan Anda diasuransikan.

NCB Anda utuh: Nilai NCB meningkat untuk setiap tahun bebas klaim. Anda mendapatkan hingga 50% selama 5 tahun berturut-turut dan lebih. Anda bahkan dapat mentransfer NCB dari satu perusahaan asuransi ke yang lain pada saat perpanjangan.

Hindari kewajiban hukum: Karena Asuransi Pihak Ketiga diwajibkan oleh hukum, polis asuransi kendaraan yang kedaluwarsa membuat Anda bertanggung jawab terhadap implikasi hukum.

Related Posts

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kesehatan adalah aset yang paling berharga dalam hidup kita, dan memastikan bahwa kita memiliki perlindungan yang memadai terhadap biaya perawatan medis yang mahal adalah keputusan yang bijaksana….

Mengatasi Mitos Umum tentang Asuransi

Mengatasi Mitos Umum tentang Asuransi

Asuransi adalah instrumen keuangan yang penting untuk melindungi diri dan harta benda dari risiko tak terduga. Namun, masih ada banyak mitos dan kesalahpahaman seputar asuransi yang dapat…

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi pengeluaran masalah medis. Tetapi orang mungkin menghindari membeli asuransi kesehatan kecuali mereka membutuhkan cadangan keuangan untuk perawatan medis….

Harga Premi Asuransi Kesehatan Bervariasi Brdasarkan Jenis Kelamin

Harga Premi Asuransi Kesehatan Bervariasi Brdasarkan Jenis Kelamin

Biaya perawatan medis bervariasi antara jenis kelamin karena kebutuhan unik dan kondisi medis mereka. Oleh karena itu, premi asuransi kesehatan ditentukan berdasarkan risiko dan faktor lain seperti…

Kapan Anda Harus Menghindari Klaim Asuransi Mobil

Kapan Anda Harus Menghindari Klaim Asuransi Mobil

Kita tahu bahwa asuransi mobil adalah wajib oleh hukum dan memberikan keamanan finansial jika terjadi kerusakan mobil. Mengingat melonjaknya biaya perbaikan, kami selalu bertujuan untuk mencari polis…

Apakah Polis Asuransi Kesehatan Mencakup Pengobatan Black Fungus?

Apakah Polis Asuransi Kesehatan Mencakup Pengobatan Black Fungus?

Kekhawatiran baru muncul seiring berjalannya waktu ketika kami mencoba memahami efek jangka panjang dari pandemi COVID-19. Salah satu kekhawatiran tersebut adalah infeksi jamur yang jarang namun serius…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *