Kapan Anda Harus Menghindari Klaim Asuransi Mobil

Kapan Anda Harus Menghindari Klaim Asuransi Mobil

Kita tahu bahwa asuransi mobil adalah wajib oleh hukum dan memberikan keamanan finansial jika terjadi kerusakan mobil. Mengingat melonjaknya biaya perbaikan, kami selalu bertujuan untuk mencari polis asuransi mobil yang memungkinkan kami untuk memaksimalkan cakupan sekaligus meminimalkan biaya. Tujuan utama membeli asuransi mobil adalah untuk mendapatkan cadangan keuangan untuk biaya yang terkait dengan kerusakan mobil atau kewajiban pihak ketiga.

Saat Anda membeli asuransi mobil dan mengajukan klaim, perusahaan asuransi Anda akan menanggung biaya perbaikan kerusakan sesuai pertanggungan. Tetapi apakah selalu merupakan ide yang baik untuk mengajukan klaim setiap kali mobil Anda rusak? Apakah mungkin klaim dapat menjadi kontra-produktif dalam situasi tertentu? Bingung kan? Mari kita ungkap beberapa situasi menarik ketika klaim sebenarnya bisa menjadi kewajiban alih-alih bantuan keuangan.

Kapan dan Mengapa Menghindari Klaim Asuransi Mobil?

Asuransi mobil adalah cara terbaik untuk mengatasi beban keuangan dari kecelakaan, pencurian, dan jenis kerusakan lain pada mobil sesuai dengan rencana asuransi. Jika Anda adalah pengemudi yang aman atau membuat keputusan yang tepat untuk tidak mengajukan klaim, maka Anda juga mendapatkan diskon untuk premi, yang disebut Bonus Tanpa Klaim. Ini adalah diskon untuk komponen kerusakan sendiri dari polis. Mari kita lihat situasi ketika mengklaim bukanlah pilihan yang paling produktif.

Dalam Kasus Kerusakan Kecil

Sebuah mobil dapat mengalami kerusakan ringan jika Anda menggunakannya secara teratur. Hal-hal seperti penyok, kaca spion pecah, tergores, dll. dapat terjadi sangat sering, terutama di jalan kota yang padat di mana mengemudikan bumper-ke-bumper cukup umum.

Mengapa?

Riwayat klaim Anda akan terpengaruh jika Anda mengajukan klaim setiap kali mobil Anda mengalami kerusakan ringan. Perusahaan asuransi akan mengkategorikan Anda sebagai pengemudi yang berisiko dan premi dapat meningkat karena profil risiko Anda. Jadi, yang terbaik adalah menghindari klaim asuransi mobil ketika mobil Anda mengalami kerusakan ringan.

Misalnya Pak D punya Hyundai Verna yang dipakainya sehari-hari untuk bepergian ke tempat kerja. Kemacetan lalu lintas dan tailgating menyebabkan pintu sisi pengemudi tergores dan kaca spion pecah. Biaya perbaikannya sebesar Rp. 3.000. Dia pikir yang terbaik adalah menanggung biaya sendiri ini karena klaim akan mengganggu siklus NCB polis asuransi.

Ketika Pengurangan Lebih Tinggi

Ada dua jenis deductible dalam asuransi mobil, wajib dan sukarela. Pengurangan wajib ditetapkan pada Rs. 1.000 untuk mesin mobil dengan kurang dari 1500cc dan Rs. 2.000 untuk mesin yang memiliki lebih dari 1500cc. Di sini pengurangan sukarela dapat menjadi masalah karena persentase kontribusi telah ditentukan sebelumnya oleh pemegang polis.

Mengapa?

Ketika Anda memilih pengurangan sukarela, Anda setuju untuk membayar persentase dari jumlah klaim jika mobil Anda mengalami kerusakan. Jika biaya perbaikan kendaraan Anda kurang dari yang dapat dikurangkan, maka tidak masuk akal untuk mengajukan klaim karena Anda akan menanggung biaya kerusakan penuh. Di sisi lain, Anda juga akan membayar pengurangan wajib sesuai dengan ketentuan paket asuransi.

Misalnya, Ms G memiliki Maruti Swift dan menggunakan mobil untuk liburan akhir pekan. Dalam salah satu perjalanan semacam itu di pinggiran kota, beberapa anak secara tidak sengaja melemparkan batu dan kaca depan mobil rusak. Nona G membayar biaya kaca depan baru saat dia menghitung jumlah klaim dan menyadari bahwa itu lebih kecil dari biaya yang dia tanggung.

Kapan Menghindari Klaim Asuransi Mobil

Pihak Ketiga Telah Membayar Biaya Perbaikan

Terkadang kecelakaan bisa terjadi karena pihak ketiga. Hal yang ideal untuk dilakukan di sini adalah mencatat rincian asuransi mobil dan mengajukan klaim terhadap polis mereka. Namun, dalam kasus tertentu, ada kemungkinan kerusakannya kecil dan pihak ketiga siap menanggung biaya perbaikan. Dalam situasi seperti itu, kedua belah pihak dapat menyetujui jumlah yang harus dibayar dan menyelesaikan masalah di tempat.

Mengapa?

Penyelesaian klaim mungkin memakan waktu. Anda harus terlebih dahulu memberi tahu perusahaan asuransi, mendaftarkan FIR, mengajukan klaim, dan kemudian mendapatkan jumlah klaim, ini bisa memakan waktu dari beberapa jam (berkat penyelesaian klaim instan ACKO) hingga beberapa hari. Di sini kompensasi yang sah dari pihak ketiga di tempat tampaknya seperti kesepakatan yang nyaman.

Misalnya Pak N mengalami kecelakaan dengan Pak S yang menyebabkan bagian samping mobil penyok. Itu jelas kesalahan Pak N jadi dia setuju untuk membayar kompensasi Rs. 2.000 untuk memperbaiki penyok. Masalah itu diselesaikan dengan damai.

Akumulasi NCB Anda lebih tinggi

NCB adalah singkatan dari No Claim Bonus. Ini adalah diskon karena tidak mengajukan klaim dan mempertahankan catatan yang bersih. NCB tinggi menyiratkan bahwa Anda memiliki profil risiko rendah. Jika Anda menghindari pengajuan klaim selama lima tahun polis berturut-turut, maka Anda mendapatkan diskon 50% untuk komponen kerusakan sendiri saat memperbarui polis.

Mengapa?

NCB adalah diskon paling signifikan untuk premi asuransi mobil Anda. Setiap tahun Anda akan mendapatkan peningkatan diskon karena tidak mengajukan klaim. Dan itu dibatasi hingga 50% selama lima tahun bebas klaim berturut-turut. Anda akan kehilangan diskon ini jika mengajukan klaim. Plus sepertinya tidak perlu mengklaim jumlah yang harganya lebih murah dari NCB.

Related Posts

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi pengeluaran masalah medis. Tetapi orang mungkin menghindari membeli asuransi kesehatan kecuali mereka membutuhkan cadangan keuangan untuk perawatan medis….

Harga Premi Asuransi Kesehatan Bervariasi Brdasarkan Jenis Kelamin

Harga Premi Asuransi Kesehatan Bervariasi Brdasarkan Jenis Kelamin

Biaya perawatan medis bervariasi antara jenis kelamin karena kebutuhan unik dan kondisi medis mereka. Oleh karena itu, premi asuransi kesehatan ditentukan berdasarkan risiko dan faktor lain seperti…

Periode Break-in dalam Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Periode Break-in dalam Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki mobil tanpa polis asuransi dapat berisiko secara finansial, terutama jika Anda terlibat dalam kecelakaan dengan pihak ketiga atau kendaraan Anda mengalami kerugian karena kecelakaan seperti banjir…

Apakah Polis Asuransi Kesehatan Mencakup Pengobatan Black Fungus?

Apakah Polis Asuransi Kesehatan Mencakup Pengobatan Black Fungus?

Kekhawatiran baru muncul seiring berjalannya waktu ketika kami mencoba memahami efek jangka panjang dari pandemi COVID-19. Salah satu kekhawatiran tersebut adalah infeksi jamur yang jarang namun serius…

11 Hal yang Belum Anda Ketahui Tentang Asuransi Sepeda

11 Hal yang Belum Anda Ketahui Tentang Asuransi Sepeda

Polis asuransi sepeda adalah rencana jangka pendek yang berlaku untuk satu, tiga, atau lima tahun. Jadi pemilik sepeda perlu memperbaruinya setiap kali kedaluwarsa. Alih-alih melanjutkan dengan cakupan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.