Harga Premi Asuransi Kesehatan Bervariasi Brdasarkan Jenis Kelamin

Harga Premi Asuransi Kesehatan Bervariasi Brdasarkan Jenis Kelamin

Biaya perawatan medis bervariasi antara jenis kelamin karena kebutuhan unik dan kondisi medis mereka. Oleh karena itu, premi asuransi kesehatan ditentukan berdasarkan risiko dan faktor lain seperti usia, penyakit yang sudah ada termasuk jenis kelamin. Ya, jenis kelamin adalah salah satu faktor yang menentukan premi dari rencana asuransi kesehatan. Ingin tahu bagaimana perbedaan premi asuransi kesehatan berdasarkan jenis kelamin? Baca dulu untuk mengetahuinya.

Mengapa Gender Mempengaruhi Biaya Asuransi Kesehatan?

Perawatan atau kebutuhan medis berbeda antara pria dan wanita. Sesuai survei tahun 2014 oleh ASSOCHAM India, sekitar 42% wanita pekerja ditemukan menderita penyakit kronis, gaya hidup, dan penyakit akut seperti sakit punggung kronis, depresi, obesitas, hipertensi, jantung, penyakit ginjal, kolesterol tinggi, dll.

Pria, wanita lebih cenderung mencari asuransi kesehatan untuk pertanggungan khusus untuk kondisi medis mereka, seperti pertanggungan bersalin untuk wanita, dan pertanggungan penyakit terkait stres untuk pria. Beberapa jenis kelamin mungkin memerlukan kunjungan dokter yang sering dibandingkan dengan jenis kelamin lain. Misalnya, wanita mungkin perlu sering mengunjungi dokter selama bersalin.

Dengan wanita yang perlu mengunjungi dokter dan perawatan medis, kemungkinan mengajukan klaim reguler lebih tinggi daripada pria, terutama selama usia subur. Adapun laki-laki, kemungkinan jatuh sakit selama bagian akhir tahun mereka lebih tinggi.

Dengan kata lain, biaya pengobatan didasarkan pada persyaratan jenis kelamin dan kondisi medis individu dan dengan demikian, berdampak pada biaya asuransi kesehatan.

Apakah Perbedaannya Signifikan?

Meskipun ada perbedaan dalam premi untuk semua jenis kelamin, perbedaannya tidak signifikan. Premi tergantung pada jenis rencana asuransi kesehatan yang Anda pilih. Rencana asuransi kesehatan dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda; oleh karena itu, beberapa perusahaan asuransi menyesuaikan rencana untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Beberapa perusahaan asuransi bahkan menyusun rencana asuransi kesehatan yang spesifik gender untuk memenuhi kebutuhan spesifik pemegang polis dengan lebih baik.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penilaian Gender dalam Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan Bervariasi

Meskipun jenis kelamin merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi premi asuransi kesehatan, namun memainkan peran penting dalam menentukan biaya asuransi. Inilah mengapa premi asuransi kesehatan ditetapkan berdasarkan jenis kelamin.

Profil Risiko

Metode pembebanan premi yang berbeda untuk jenis kelamin yang berbeda dikenal sebagai ‘peringkat gender.’ Saat menghitung premi untuk asuransi kesehatan, profil berbasis risiko dilakukan oleh perusahaan asuransi untuk menilai pemegang polis untuk risiko seperti kematian, kecelakaan, dan morbiditas. Gender memainkan peran penting dalam risiko ini. Karena kondisi medis sedikit berbeda antara jenis kelamin, hal itu mempengaruhi kemungkinan seseorang membayar tagihan asuransi kesehatan.

Misalnya, premi bisa sedikit lebih tinggi untuk wanita usia subur daripada pria. Namun, premi untuk wanita lebih rendah daripada pria mulai usia 60 tahun ke atas. Hal ini menunjukkan bahwa premi asuransi kesehatan berbeda berdasarkan profil risikonya. Semakin tinggi risiko (probabilitas pengajuan klaim), semakin tinggi jumlah premi.

Bersalin

Biaya pengobatan selama kehamilan lebih tinggi, itulah sebabnya perusahaan asuransi memperhitungkan pertanggungan bersalin saat menentukan premi asuransi. Rencana asuransi kesehatan yang dirancang untuk menutupi kehamilan menuntut premi yang lebih tinggi daripada yang tidak mencakup kehamilan.

Biaya pengobatan seperti biaya dokter, diagnosa medis, perawatan sebelum dan sesudah melahirkan, dll., diharapkan selama kehamilan. Oleh karena itu, premi lebih tinggi jika polis mencakup bersalin dan premi lebih tinggi.

Gaya Hidup

Seperti disebutkan, wanita mungkin harus melalui proses melahirkan anak dalam hidup mereka, yang mungkin memerlukan perawatan medis jika terjadi komplikasi. Selain kehamilan, wanita juga memiliki risiko kesehatan lain yang tidak dimiliki pria. Penyakit seperti kanker serviks dan kanker payudara merupakan risiko kesehatan bagi wanita; karenanya, premi akan berdampak pada masalah kesehatan khusus gender ini.

Sedangkan untuk pria, ketika melewati usia 50 tahun, mereka mungkin mengalami komplikasi kesehatan seperti penyakit kardiovaskular dan penyakit akibat gaya hidup lainnya. Oleh karena itu, preminya sedikit lebih tinggi untuk pria yang termasuk dalam kategori ini.

Harapan Hidup

Selain gaya hidup, harapan hidup rata-rata antar jenis kelamin sangat penting bagi perusahaan asuransi untuk menghitung premi. Harapan hidup yang dinilai oleh perusahaan asuransi didefinisikan sebagai berapa lama seseorang diharapkan untuk hidup.

Rencana asuransi kesehatan dirancang berdasarkan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, dan tempat tinggal Anda. Dengan cara ini, perusahaan asuransi dapat membuat rencana khusus untuk setiap faktor berdasarkan risiko, klaim, dan biaya.

Manfaat Polis Asuransi Kesehatan Berbasis Gender

Manfaat dan fitur dari rencana asuransi kesehatan berbasis gender dirancang untuk memenuhi persyaratan kesehatan khusus dari orang yang berbeda. Oleh karena itu, banyak perusahaan asuransi mulai menawarkan polis asuransi kesehatan yang berfokus pada wanita untuk memenuhi kebutuhan unik mereka. Sebuah rencana asuransi kesehatan yang dirancang khusus untuk wanita akan mencakup kanker payudara, bersalin, kanker serviks, dll. Cakupan ini akan baik built-in atau akan ditawarkan sebagai tambahan.

Wanita bisa mendapatkan perawatan medis yang tepat selama situasi seperti itu tanpa khawatir tentang biaya medis untuk kebutuhan medis khusus ini. Demikian juga, beberapa kebijakan khusus untuk pria dengan cakupan diabetes, kondisi medis terkait stres, hipertensi, dll.

Kesimpulan

Singkatnya, premi asuransi kesehatan tidak terutama ditentukan oleh jenis kelamin. Usia, lokasi, kondisi medis yang ada, dll., adalah faktor penting lain yang mempengaruhi premi. Selisih besaran premi berdasarkan jenis kelamin minimal dan tidak signifikan. Terlepas dari keadaan darurat medis, Anda perlu memilih rencana asuransi kesehatan yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memperkirakan kondisi medis yang mungkin memerlukan perawatan/perhatian khusus, Anda harus memilih rencana yang sesuai berdasarkan kebutuhan spesifik Anda.

Related Posts

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi pengeluaran masalah medis. Tetapi orang mungkin menghindari membeli asuransi kesehatan kecuali mereka membutuhkan cadangan keuangan untuk perawatan medis….

Kapan Anda Harus Menghindari Klaim Asuransi Mobil

Kapan Anda Harus Menghindari Klaim Asuransi Mobil

Kita tahu bahwa asuransi mobil adalah wajib oleh hukum dan memberikan keamanan finansial jika terjadi kerusakan mobil. Mengingat melonjaknya biaya perbaikan, kami selalu bertujuan untuk mencari polis…

Periode Break-in dalam Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Periode Break-in dalam Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki mobil tanpa polis asuransi dapat berisiko secara finansial, terutama jika Anda terlibat dalam kecelakaan dengan pihak ketiga atau kendaraan Anda mengalami kerugian karena kecelakaan seperti banjir…

Apakah Polis Asuransi Kesehatan Mencakup Pengobatan Black Fungus?

Apakah Polis Asuransi Kesehatan Mencakup Pengobatan Black Fungus?

Kekhawatiran baru muncul seiring berjalannya waktu ketika kami mencoba memahami efek jangka panjang dari pandemi COVID-19. Salah satu kekhawatiran tersebut adalah infeksi jamur yang jarang namun serius…

11 Hal yang Belum Anda Ketahui Tentang Asuransi Sepeda

11 Hal yang Belum Anda Ketahui Tentang Asuransi Sepeda

Polis asuransi sepeda adalah rencana jangka pendek yang berlaku untuk satu, tiga, atau lima tahun. Jadi pemilik sepeda perlu memperbaruinya setiap kali kedaluwarsa. Alih-alih melanjutkan dengan cakupan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.